HEADLINE NEWS

Sholat Idul Adha di Parit Koba Dilaksanakan di Masjid Al Ikhlas dan Masjid Raya

IKLAN

 



 Sholat Id di Masjid Al Ikhlas Parit



Pasaman Barat, prodeteksi.com ----- Pelaksanaan sholat Idul Adha 1445 H/ 2024, Senin 10 Zulhijjah (17/06/2024l di Jorong Parit Nagari Parit Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat (,Pasbar) digelar di Masjid Al Ikhlas Kampung Lasi dan  Masjid Raya Parit.




Sebelumnya, direncanakan akan digelar di Iapangan Hijau Parit. Namun karena cuaca hujan, pelaksanaan sholat Id dialihkan ke masjid - masjid terdekat. Walau demikian, tidak mengurangi semangat dan antusias masyarakat untuk mengikuti sholat Id pada momen hari raya qurban tersebut.









Sholat Id di Masjid Al Ikhlas tampak dipenuhi para jemaah. Mulai pukul 06.00 WIB pagi usai sholat subuh, para jemaah sholat Id sudah mulai berdatangan. Sholat pun dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIB pagi.




Ratusan jemaah mengikuti Sholat Idul Adha di  Masjid Al Ikhlas Parit. Bahkan pelataran dan teras masjid juga diisi oleh para jemaah. Kapasitas masjid dipenuhi para jemaah yang umumnya dari Kampung Lasi Parit dan sekitarnya. Begitupun di Masjid Raya Parit juga dipadati para jemaah dari Parit Koto Balingka ( Koba)




Khatib Sholat Idul Adha di Masjid Al Ikhlas diisi Oleh Ustadz Syafril. Dalam khutbahnya ia mengulas tentang  Surat Al-Kautsar Ayat 1-3 beserta Artinya

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَ

"Innaa a'taina kal kauthar."

Artinya: Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

"Fa salli li rabbika wanhar."

Artinya: Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

"Inna shani-aka huwal abtar."

Artinya: Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).




Pada intinya, Syafril menyampaikan bahwa Allah SWT telah memberikan nikmat yang tiada terhingga kepada para hambanya. Maka hendaklah   senantiasa disyukuri dan tingkatkan keimanan  pada Allah SWT dan menunaikan sholat, baik sholat wajib maupun sholat Sunnah lainnya seperti Sholat Idul Adha.



"Dengan nikmat yang diberikan Allah, baik berupa harta benda, kesehatan dan kesempatan. Sehingga bagi yang herkemampuan dianjurkan untuk ber Qurban pada hari raya idul adha ini.Jika belum mampu maka berimfaqlah dan jika masih ada kesempatan upayakan untuk berqurban pada tahun berikutnya, " ulasnya. *** Irti z

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *